Bahasa tidak hanya terkotak pada mempraktikkan teori

Melihat kembali tumpukan buku di atas..

kembali teringat, Sejak SD, teringat mata pelajaran yang kita pelajari, mulai dari pelajaran moral (PMP/PPKN, masih ingat?), pelajaran wajib hingga SMA, sang “Matematika”, dan yang pasti Bahasa Indonesia. Naik kelas, ditambah lagi dengan pelajaran baru yang dulu pun saya sangat tidak menyukainya (dulu ya..: ) Bahasa Inggris.

Muncul di benak pikiran sang tenses-tenses yang amat banyak jenisnya, ditambah tugas-tugas yang tidak bisa dibilang sedikit yang selalu saja di berikan, dan ujian yang lagi-lagi menuntut agar mendapat nilai yang baik, membuat bahasa menjadi sesuatu yang sangat sempit maknanya.

Bukankah bahasa adalah suatu alat berkomunikasi? yang dengannya anda, saya dan mereka akan dapat saling bertukar informasi dengan mudahnya..

bahasa, bukankah itu merupakan alat untuk menyampaikan keinginan kita pada orang lain.. bahasa.. bukankah semua di atas fungsi dari bahasa?

lalu mengapa apa yang diperoleh di sekolah dulu membuat bahasa terkotak dan makin terkungkung hanya menjadi sebuah tuntutan teori tanpa praktik yang diajarkan?

lalu, saat diri hanya memperoleh nilai rendah di mata pelajaran bahasa tertentu apa artinya kita akan menjadi manusia yang hilang kata? mengunci rapat-rapat dan membekukan lidah?

Jawaban pastinya… TIDAK

bahasa adalah suatu alat, suatu alat yang dibutuhkan untuk menyampaikan pemikiran, pendapat dan harapan. Seperti apapun kapasitas yang kita miliki, namun didasari oleh kebutuhan dasar untuk berkomunikasi, maka lakukanlah.. gunakan seluruh kemampuan berbahasamu untuk menyampaikan apa yang dipikirkan kepada orang lain, tidak peduli berapapun nilai bahasa inggrismu dulu..

ya.. penyempitan makna dan tujuan, hanya merupakan imbas dari suatu pola pikir yang tidak dibangun bersamaan dengan sistem yang diciptakan..

dimanapun kita berada.. sampaikan.. tidak perlu takut dan malu untuk menyampaikan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: