Kenal Six Sigma Lebih Dekat

Yuk bicara lebih jauh tentang kualitas..

setelah di tulisan sebelumya dibahas mengenai apa itu kualitas, selanjutnya let’s talk about the tools. Total Quality Management, Plan-Do-Check-Action, Seven tools,Seven new tools dan Six Sigma, merupakan beberapa metode atau istilah yang digunakan perusahaan/industri dalam rangka meningkatkan kualitasnya.

Mari berbicara tentang salah satunya.. Six Sigma. Six sigma pertama kali diterapkan oleh Motorola, dan hingga saat ini, metode ini kerap digunakan oleh banyak perusahaan besar di dunia, seperti GE Company, SK Telecom, Hyundai, dll. Ingin ke arah jasa? yap, metode six sigma dapat juga digunakan di lingkup jasa, seperti rumah sakit, klinik,restoran. Contoh sederhana adalah ketika six sigma diaplikasikan untuk klinik mata. seperti yang sudah disebutkan mengenai definisi kualitas (apa yang diekspekatasikan oleh customer , dan setelah diselidiki, keinginan cuntomer adalah semakin cepatnya penyelesaian pelayanan, maka project six sigma ini terfokus pada hal diatas, yakni mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan satu kali permintaan pelanggan.

Tahapan yang digunakan dalam Six Sigma dikenal dengan DMAIC (Define-Measure-Analyze-Improve-Control). Mari secara perlahan dan sederhana kita bahas satu persatu;

Define adalah tahapan awal yang sangat penting untuk mendefinisikan masalah/target dari pengurangan defect(cacat) atau kondisi yang tidak sempurna. Satu hal penting yang perlu diperhatikan saat fase define adalah sinkronisasi antara keinginan customer dengan strategi bisnis yang kita miliki.

Setelah fase define ini dilalui, selanjutnya adalah Measure yakni dilakukannya perhitungan untuk memastikan apakah selama ini pengurangan kesalahan(Defects) telah dilakukan? sehingga diperlukan metode yang tepat dan hasil yang akurat guna fase selanjutnya.

Mari berlanjut ke fase selanjutnya; Analyze. Tujuan dari tahapan ini adalah untuk menentukan hubungan antara sebab akibat. Di fase ini dengan menggunakan metode analisis yang ada seperti (7 tools-7new tools) akan kita dapati faktor2 apa saja yang menyebabkan hasil measure diatas diperoleh.

Improve, yaitu membuat peningkatan, pengoptimalan proses dan pembenahan di dalam proses yang menjadi penyebab terjadinya defects, atau ketidakoptimalan selama ini. Pilihan improvements yang dilakukan tergantung dari konsesus six sigma projects team dan kondisi (kesiapan) perusahaan itu sendiri. Pernah mendengar istilah DFSS?(design for six sigma)? DFSS merupakan salah satu hasi perkembangan dari Six Sigma.

Tahapan penutup adalah control, setelah peningkatan dilakukan, maka dibutuhkan suatu metode/alat untuk tetap menjaga perbaikan ini berjalan dimasa mendatang (Istilah yang sering digunakan adalah continuous improvement), dengan metode yang dipilih (umumnya adalah dengan control chart) dapat diketahui dengan cepat ketika terjadi suatu produk yang melewati batas toleransi yang dimiliki, sehingga proses perbaikan akan dapat langsung dilakukan.

Ada jenis lain dari Six Sigma. PErnah mendengar DFSS?Yap, DFSS(Design for Six Sigma) adalah perkembangan dari Six Sigma. DFSS  digunakan bagi mereka yang akan mengeluarkan produk baru. Dengan tahapan yang berbeda di bagian akhirnya, yaitu DMADV; Define-Measure-Analyze-Design-Verify.

Masih bersemangat meneruskan? yuk perlahan-lahan kita lihat perbedaan DMAIC dan DFSS..

Penggunaan DFSS di tiap perusahaan mungkin akan berbeda, karena DFSS bertujuan untuk menciptakan atau mendesain ulang sebuah produk dari suatu proses. Pada tahapan define pada DMAIC dan DFSS adalah sama, yakni menentukan tujuan akhir/goal, dilanjutkan dengan measure, measure disini adalah menentukan spesifikasi (desain, ukuran, dll) dari produk baru yang akan dibuat. Spesifikasi tersebut dapat bersumber dari data keinginan customer, membandingkan/benchmarking dengan perusahaan pesaing dan industri yang ada. Analyze dilakukan untuk menganalisis proses apa saja yang akan dibuat untuk memenuhi desain produk yang akan dibuat. Fase Design yakni setelah dipastikan dalam fase analyze maka di fase desain, kesemua proses dibuat lebih detail untuk memenuhi customer needs. Tahapan terakhir, yaitu varify adalah untuk mengukur performance dari desain dengan pemenuhan kebutuhan konsumen.

Diatas adalah penjelasan singkat tentang apa itu six sigma..

will be continued dengan topik selanjutnya..:)

2 Responses to Kenal Six Sigma Lebih Dekat

  1. konrad says:

    minta copy pdf nya pak

  2. konrad says:

    bisa minta tulisan mengenai six sigma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: