Mereka.. sahabat di liburan pertama..

Tak pernah terpikir sebelumnya bahwa usaha yang dilakukan sebelum liburan datang, ternyata membuahkan hasil saat liburan pertama 3 bulan ini..


alhamdulillah.. kondisi awal adalah karena belum tertunaikannya janji yang diucapkan oleh seseorang (untuk memberikan rekomendasi murid), membuat diri akhirnya “bergerak”, tidak lagi menunggu, tapi membuka peluang..

Ia, yang bernama 서정 (sojung), teman baik senasib sepenanggungan di kamar asrama 201;) . Berawal dari iklan kecil yang kubuat, lalu meminta tolongnya untuk mentranslate bagian-bagian penting dalam bahasa Korea, dan tanpa diduga, 서정 memberikan ide lain untuk menampilkan iklan yang ada di website kampus. Dengan ide yang ia punya, akhirnya iklanku bisa muncul di info kampus..:) tidak hanya itu, ia juga menawarkan no hp nya untuk juga turut dicantumkan di iklan, karena nanti pasti akan ada orang yang menanyakan full(lengkap kap kap) hanya menggunakan bahasa korea. Sehingga tercantumlah 2 no telepon, dita dan 서정;)


Yap, ini dia iklan pertamaku.. Looks so simple isn’t it?

saat berencana menggunakan berbagai macam warna, teringat dengan printer yang tersedia di asrama yang hanya setia pada satu warna, HITAM;) jadi gagallah rencana menggunakan full colors.. tak apalah^^

ada yang unik dengan iklan di atas.. dengan alasan “berbeda budaya”, maka untuk tingkat umur mahasiswa ke atas, di iklan dicantumkan “hanya bersedia menerima murid perempuan”..hehe.”berbeda budaya” adalah alasan yang aku dan 서정 ciptakan dalam 1 malam..;)

Setelah di translate dan dibuat lengkap, tahapan selanjutnya adalah bergerilya ke sudut sekolah dan apartemen i sekitar kampus. 화영(Hwayoung), ia adalah sahabatku yang kedua (fotonya masih tersimpan di hp, nanti akan di post:), ia dengan semangatnya mengantarku berkeliling pusat-pusat keramaian di sekitar kampus. Ya, kami berdua berkeliling ke sekolah-sekolah, masuk ke apartemen, halte-halte bus, hingga ke pusat restoran dan belanja yang berada di sekitar kampus.

Yang membuatku bingung, Jumat malam iklan tersebut di tempel, sabtu pagi, saat ku berangkat kerja part time, ternyata iklanku sudah tidak ada.. entah..

tapi ya namanya juga dita,kalau iklan ilang, ya ditempel lagi aja, gitu aja kok repot;)  akhrinyas etiap pergi keluar kampus, iklan, cutter, isolatip selalu ada di tangan sehingga iklan akan tetap terpasang disana (Yes, I’m the winner:) . Satu hari berlalu, dua hari, satu minggu, sudah mulai banyak orang-orang yang menanyakan iklanku.. bermula dari seorang murid, ia sudah bekerja, bahkan memiliki akademi sendiri(학원=hagwan). Sahabat baru yang hadir adalah 윤히(Yun Hee), 1 jam dari rumahnya tapi tidak mengurangi semangatnya untuk belajar:) (cuma akhir2 ini, harus mau berkorban gantian ke rumahnya 1 kali seminggu, biar tetap semangat..hehe;) 윤히, sebenarnya sudah mengetahui hal-hal terkait grammar dan sejenisnya, tapi memang seperti yang disebut di tulisan sebelumnya https://ditaadesusanti.wordpress.com/2008/07/30/bahasa-tidak-hanya-terkotak-pada-mempraktekan-teori/  bahwa bisa atau tidaknya di grammar, tidak menjamin seseorang dapat berkomunikasi. Jadilah peran baru saat ini, sahabat berceritanya 윤히😛

Yang kedua itu ga jauh dari asrama, bahkan ini kepala suku asrama..hehe. yap, dia penanggung jawab asrama 여자 disini (girl dormitory officer). Kalau untuk yang ini, kita menggunakan sistem barter (kembali ke jaman bahela..hehe), 영미 (Young Mi), ia mengajar bahasa Korea, dan barterannya adalah diajarkan bahasa inggris. Yup! jadi semangat belajar kala itu (soalnya saat ini ia sdg liburan, jdnya libur).

Kelebihan 영미, dia ga cuma bisa bahasa Korea, Cina juga lancar, dan sedikit-sedikit bahasa Inggris. beliau juga komit banget sama kerjaannya, setiap hari pantang menyerah mengingatkan para wanita yang pulangnya ngalahin pak satpam😛 (above 00.00am). Dan setiap dia ngajar ataupun diajar, sangat ekspresif, kalau misalnya tepat menjawab pertanyaan, ia jauh lebih ekspresif dari yang orang yang berhasil menjawab^^

Lain lagi dengan kakak-beradik disamping ini, perkenalkan, nama mereka adalah 나형(Na Hyoung) dan 형 (Hyoung) ini semua nick name nya mereka (soalnya kalo tidak begitu, susah menghafalnya;) dua kakak beradik ini adalah anak dari teman sekelas di semester 1. Karena sebelum kelas di semester 1 berakhir, kelas tercinta tidak luput dijadikan korban iklan mengajar..hehe:-p

Kakaknya masih SMU dan adiknya masih SMP. Keluarga Korea, sedikit sekali yang memiliki maid di rumahnya. Selain biaya yang dikeluarkan juga besar, selain itu mayoritas tempat tinggal disini adalah apartemen, sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga untuk membersihkan. Begitu juga di keluarga mereka, bahkan keluarga yang satu ini hidup bersama dengan kakek dan nenek mereka yang umurnya mungkin sudah diatas 80 tahun, tapi sang nenek tetap rajin bekerja dan jalan-jalan, sehingga memang ayoritas orang tua disini walaupun umurnya sudah melewati 80 tahun atau mungkin bahkan mendekati 100 tahun, tapi masih bisa ditemui berjalan di pasar, naik bus, atau jalan-jalan di kaki gunung belakang kampus(kalah yang muda;) . Sang kakak sedang bekerja keras dari saat ini (kelas 1 SMU) untuk bisa masuk ke universitas bergengsi di korea, kalau sering diungkapkan, ia selalu bilang bahwa dia sangat sibuk..sibuk belajar (jadi malu sendiri:) dan adiknya walaupun masih SMP tapi ikut banyak sekali akademi. Yah memang seperti itu kehidupan anak-anak disini.. ~semoga tidak kehilangan waktu bermain ya~🙂

3 murid sudah diperkenalkan,,tunggu episode kelanjutannya..

🙂 ~~ special thanks for my roommates and Hwayoung~~🙂

2 Responses to Mereka.. sahabat di liburan pertama..

  1. ddew says:

    assalamu’alaikum mpok dito’
    (hehe…maap ye ga sopan sapaanya ;p)

    yah karena saya d paksa2 utk nulis komen oleh salah satu fans saya ini (upsss he…) jadinya saya b’sedia deh menyediakan waktu utk mnekan2 tmbol keyboard (he…ga ikhlas bgt yah kynya ;p)

    btwei, kk dito gmn hidup d negri orang?
    (yaiyalah orang ms kucing yah hehe…)
    yaudah klo gitu diralat sdikit,,,
    gmn hidup d negri orang lain???
    susahkah?
    or skrg dah t’biasa?
    i just wonder how,,,
    tp kynya dr crita ni org d sna asik2 ya…
    mreka ga tllu individual ya,,

    however, smgt ya kk dito’😉
    Semoga selalu d mudahkan urusannya
    aamiin!

  2. ditaadesusanti says:

    Yup..makasih buanyak semangatnya..;) doain aja ya wi..kalau memang terpaksa, pasti bisa akhirnya..hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: