Manusia dalam Sistem

Sistem?

umum sekali digunakan dalam keseharian kita, “sistem tata letak, sistem pembayaran, sistem produksi, sistem pemasaran, sistem keamanan, sistem drainase,sistem tata surya, sistem(ayo sebutkan lagi;) ), hingga ke yang kita rasakan, sistem tubuh kita.

Sistem sendiri, secara mudah untuk dijelaskan adalah ketika di suatu kondisi yang didalamnya tidak hanya terdiri atas satu unsur (banyak unsur) yang ke semua unsur tersebut bergerak bersama (saling melengkapi) untuk suatu tujuan, maka dapatlah disebut sistem.

Contoh mudah adalah mari kita lihat ke komputer.; didalamnya bisa kita temui perangkat lunak dan keras, mulai dari CPU, RAM, Operating system, Program, Keyboard, Screen, Mouse, Harddisc, dll, yang kesemuanya berjalan untuk tujuan yang sama, yaitu menjalankan fungsi komputerisasi. Sehingga dapat dipastikan, jika salah satu pendukung sistem ini tidak bejalan, maka kemungkinan fungsi kompuetrisasi tidak dapat berjalan, atau dapat dipastikan performance komputer akan terganggu (menjadi lambat, ada salah satu fungsi yang tidak bisa dijalankan, dsb)

Secara lengkapnya, menurut bung wikipedia,

System (from Latin systēma, in turn from Greek σύστημα systēma) is a set of interacting or interdependent entities, real or abstract, forming an integrated whole.

Terinspirasi saat menjalankan prototype system saat mengikuti kegiatan di lingkup kampus dan masyarakat, seringkali, saat itu porsi besar dalam waktu kita hanyalah disibukkan dengan bagaimana kita membuatkonsep yang super duper canggih bin update alias rumit;) . Berjam-jam waktu dihabiskan untuk memikirkan konsep-konsep yang nyaris sempuna ini, tanpa diimbangi dengan berjam-jam waktu pula memikirkan sang pelaku (red:SDM). Dalam kenyataannya, suatu konsep yang matang memang diperlukan, karena

~jika anda gagal merencanakan maka anda berencana untuk gagal~

tapi lagi-lagi, saat para SDM tidakdipersiapkan untuk menjalankan sistem yang nyaris sempruna tersebut, dapat ditebak hasil akhirnya..”Berantakan”

Setidaknya terdapat beberapa faktor yang membuat Manusia menjadi sisi penting dalam sistem:

  • Pembuat sistem adalah manusia
  • Pelaku sistem utama adalah manusia
  • Objek sistem juga tidak terlepas dari manusia

Mari kita lihat pengertian SDM( Human resource )..

Human resources is a term with which many organizations describe the combination of traditionally administrative personnel functions with performance, Employee Relations and resource planning. The field draws upon concepts developed in Industrial/Organizational Psychology. Human resources has at least two related interpretations depending on context. The original usage derives from political economy and economics, where it was traditionally called labor, one of four factors of production. The more common usage within corporations and businesses refers to the individuals within the firm, and to the portion of the firm’s organization that deals with hiring, firing, training, and other personnel issues.

At the end of this term, baik ketika kita sedang berada di organisasi profit ataupun non profit, yang dapat digaris bawahi mengenai cara pandang kita terhadap manusia, adalah 2 hal;

  • Manusia (SDM)  adalah investasi bagi organisasi (bukan cost)
  • dan yang kedua, manusia adalah manusia (bukan mesin) yang hendaknya diperlakukan secara manusiawi.

Melihat kedua cara pandang tersebut akan berefek pada bagaimana kita  memanage manusia nantinya, maka dapat dipastikan, apapun rencana, big planning, master plan yang dimiliki, akan dapat berjalan dan SDM yang ada tidak hanya menjadi pekerja sekedar pekerja, namun mereka akan menjadi “pemberi” bagi organisasi kita, tidak perlu lagi nantinya kita “meminta” atau bahkan “menuntut”. berani Coba?lakukanlah..:)

~Tidak ada habisnya membicarakan “manusia”~

2 Responses to Manusia dalam Sistem

  1. doni says:

    kok kayak kuliah ama pak Yuri ya?
    di korea ambil jurusan apa dit?

  2. ditaadesusanti says:

    lho? pak yuri kan ga pernah ngasih matkul SDM toh??hehe..
    sdg mengambil manajemen kualitas dan operasional..
    doakan semoga mendapat ilmu yang bermanfaat ya^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: