Tertarik berbicara tentang M A N U S I A?

Since I realize that each of humans is unique..

Kesadaran ini mulai muncul terutama saat menjajaki bangku kuliah. Mengapa saat di bangku kuliah? mungkin sama dengan kebanyakan kita, saat SD, SMP, teman-teman di sekitar kita adalah mereka yang rumahnya terletak tidak jauh dari tempat bersekolah atau bahkan mungkin banyak tetangga kita, sehingga latar belakang yang ada tidaklah terlalu beragam, karena lahir dan besar di komunitas yang sama.

Beranjak ke bangku SMA, SMA yang terletak di dekat polres jakarta utara, ternyata tidak banyak menghadirkan teman-teman di luar kota utara jakarta itu, sehingga walaupun bisa dikatakan tempat tinggal saling berjauhan, tapi tetap saja, aroma-aroma, karakteristik “Priok”;) tetap ada di setiap individu didalamnya.

Mari beranjak lagi ke masa kuliah, yap disanalah jawabannya!!, saat di satu kelas tidak lagi berasal dari kota yang sama, saat berkumpul labih luas lagi, 1 fakultas, mungkin seluruh propinsi ada di dalamnya, mulai dari daerah yang berbeda yang otomatis menyebabkan budaya yang berbeda, cara bertutur kata yang berbeda, cara bersikap yang berbeda serta kebiasan yang berbeda. Lain lagi jika melihat ke latar belakang keluarga, ada yang berasal dari anak kalangan pejabat hingga ke putra dari seorang supir angkot pun ada.. perbedaan ini (yang sebenarnya initidak boleh dianggap perbedaan) menyebabkan pola hidup yang jauh berbeda, di satu sisi melihat uang adalah suatu hal yang mudah, sehingga tidak segan-segan menghabiskan banyak uang hanya untuk keperluan baju, tapi disisi lain, untuk makan sendiri saja, masih ditimbang-timbang, apa benar-benar uang ini perlu dikeluarkan untuk makan siang ini?

Baru berbicara di satu fakultas (Red:Fakultas teknik), tiba-tiba sat tanpa sengaja diri ini ditarik keluar untuk bergabung bekerja sama mengadakan perhelatan musyawarah seluruh mahasiswa di kampus, spontan kaget dengan perbedaan karakter di setiap fakultas. Struktural panitia yang terdiri atas semua fakultas membuat diri mau tidak mau harus menerima perbedaan yang lebih kompleks yang ternyata menyadarkan diri bahwa each of humans is unique..😉

Mari bergerak keluar lagi, dengan siapa saja anda berinteraksi selama ini? terkadang disadari atau tidak, saat bepergian hal yang paling diminati untuk dilihat (selain pemandangan:-p ) adalah tingkah laku manusia di sekitar. Saat diri diajak berinteraksi dengan dosen, para birokrat kampus, hingga ke satpam kampus, office boy kampus, dan ibu-ibu yang tidak lelah membersihkan ruas jalan di kampus. Tengok lagi ke area sebelah, ibu-ibu, mba-mba para pemilik warteg dekat kos yang ditempati, ibu kos, para ibu dan bapak di sekitar, anak-anak kecil, tak pernah bosan melihat tingkah laku mereka.. ;-p

Pergi lebih jauh lagi, saat keluar dari dunia “ideal” itu, berangkat ke dunia kerja,walaupun baru merasakan 3 bulan lamanya, tapi tetap, apa yang dirasakan pasti jah berbeda. Saat berpindah ke sinipun, yang terpikir hanyalah, bagaimana bisa selain yang Maha Pencipta menciptakan keragaman sebanyak ini?

Dalam satu keluarga, setiap manusia di dalamnya pastilah berbeda, dalam satu lingkup anggota masyarakat, satu daerah, satu propinsi, satu negara.. pernah menghitung sudah dengan berapa banyak orang kita berinteraksi? berapa jenis karakter? berapa jenis budaya? berapa jenis latar belakang? itulah uniknya manusia.. ada suatu pola dimana akhirnya kita bisa menyesuaikan kondisi kita dengan kebutuhan saat kita berinteraksi. Tidak ada yang mengatur program seperti di dalam komputer (bisa dibayangkan, seberapa rumitnya jika setiap jenis yang berbeda, di “setel” program;) ).

Masih ingin melanjutkan observasi, melihat sekeliling, berupaya menempatkan diri di setiap keragaman manusia dan mengambil banyak pelajaran dari yang ada..

hal inilah yang membuat ketertarikan besar di bidang sumber daya manusia muncul..:-p

ayo belajar! masih banyak hal yang belum kamu ketahui dit..”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: