Muter-muter nyari udang.. Ramadhan kini telah datang.. ;)

Muter-muter nyari udang..

Ramadhan kini telah datang..

Ramadhan tahun ini, sungguh jauh berbeda dengan ramadhan-ramadhan sebelumnya, masih teringat saat tahun lalu ber ramadhan di rumah, berkumpul lengkap bersama keluarga, mengikuti kegiatan2 keislaman, ifthar bersama dengan banyak teman dan sahabat, dan tak lupa mudahnya mencari es kelapa muda, kolak, dan es campur (wuiiihh..hihi), tapi ternyata tak ada yang menduga ramadhan kali ini terperosok ke negeri nun jauh dari budaya Islam.

Berpuasa yang hanya dijalani oleh 3 orang muslim dalam 1 kampus, lokasi musholla yang berbeda kota, dan tidak ditemuinya kolak, es kelapa muda dan es campur, awalnya memberi suatu kekhawatiran tersendiri. Mengapa tidak, nuansa ramadhan yang diimpikan dan biasanya sellau hadir, tidak hadir disini.

pertanyaan selanjutnya, jika begitu?lantas mau bagaimana? pulang kampung hanya untuk mengembalikan rasa itu? ah bukan solusi tepat sepertinya, dimana masa-masa semester baru muncul bersamaan dengan awal ramadhan.

Akhir yang dipilih adalah, “ciptakan saja nuansa ramadhan itu!” yap, ciptakan saja! nuansa, suasana merupakan suatu hal yang dapat diciptakan. Menyiasati salat isya dan tarawih berjamaah dengan mengajak rekan ber-3, kami berencana melakukan tarawih dan isya secara berjamaah di ruangan belajar kami, ifthar pun bisa dilakukan bersama-sama, atau dapat juga mengajak teman-teman korea(non muslim) untuk makan bersama di jam saat berbuka, menemani hari-hari dengan mendengar murottal, dan lainnya, sungguh dapat menimbulkan nuansa ramadhan di negeri yang “gersang” ini..

Meyakini bahwa ALLAH yang membuat skenario besar pada hidup kita.. meyakini bahwa tersimpan banyak hikmah dalam setiap bagian kehidupan.. dan meyakini bahwa ramadhan kali ini, dimanapun kita berada, apa yang diberikan olehNYA (keutamaan, pahala dan nikmatnya)tidaklah berbeda..dan terakhir, meyakini bahwa mungkin ini menjadi ramadhan terakhir.. lalu mengapa hanya berputar pada pertanyaan “kok begini ya,,?? kok ga ada ini ya..?? kok..kok..” ah rasanya tidak berguna di saat Ramadhan ini telah hadir..

Semoga ALLAH memberi kemudahan dan mengembalikan rasa yang diimpikan dengan cara yang berbeda…🙂

2 Responses to Muter-muter nyari udang.. Ramadhan kini telah datang.. ;)

  1. boy says:

    udah, maen2 lah ke desa gyeongsan, hahaha

  2. ditaadesusanti says:

    hehe.. situ lah yang main2 ke masan dong.. kan dulu udh pernah ke desa gyongsan sekali…^^:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: