Resume Pengantar Ilmu Fiqih

Bismillahirrahmaanirrahiiim..

fiqih berasal dari bhs arab artinya memahami.

ta’arif fiqih ada bermacam-macam, ta’arif imam syafi’i. imam mazhab yang pertama. seseorang mengetahui apa hak dan kewajibannya. disini tidak ditentukan apa kewajibannya, tapi termasuk kewajiban beriman (berhubungan dengan akidah), dan juga berhubungan dengan akhlak, dan tasawfuf, serta muammalat.

1.fiqih kaudi

2. ilmu akhlak wa tasawwuf

3. fiqih yang berhubungan dengan ibadah dan muammalat

4.fiqih itu adalah: mengetahui, pengetahuan yang mutlak, dimana di dalamnya termasuk pengetahuan dengan dasar keyakinan (qot’i), ataupun (yang tidak meyakinkan) ghonni. AL arkam: apa-apa yang diwajibkan, apa-apa yang diminta oleh syariat baik itu berupa perintah ataupun takhrir (hukum mubah ataupun wad’an- terbagi menjadi haram dan makruh), ibtida’ (takhrim&istiba’). sifat dari hukum-hukum ini (hukum syri’ah), yang bersumber dari syariat, maka tidak termasuk hukum2 yang berasal dari panca indera. Almu’tashab (ilmu berdasarkan usaha ahli fiqih, sehingga tidak termasuk ilmu Rasulullah dan yang berasal dari Quran), dan juga yang tidak termasuk adalah ilmu2 yang bersifat pasti (seperti haji, salat, tidak termaksdu ilmu fiqih.

ilmu fiqih mencakup seluruh apa-apa yang dibutuhkan dalam kehidupan ini.

keistimewaan ilmu fiqih:

keistimewaan 1 (missed again on this part😦 )

keistimewaan 2 (missed again on this part😦 )

keistimewaan ke 3 :

ada sifat diniyahnya, mengikuti hukum-hukum, ada keterikatan kepada agama.(bersifat tuntunan agama disitu). balasan yang didapat manusia diperoleh di dunia dan juga di akhirat.

Faktor-faktor perselisihan para mujahidin:

1. dalil-dalil yang ada dalam Quran dalam bahasa Arab (perbedaan memahami bahasa arab), dan lafadz2 menjadi perbedaan, dan perbedaan itu ada alasannya.

2. perbedaan dalam periwayatan (mayoritas yang terjadi dalam hadits).

3. Perbedaan atas Sumber-sumber fiqih itu sendiri selain Alquran, sunnah, ijma, dan qiyas. misalnya istihsan, almusholeh-almurshalah, qowulussahabi (perkataan sahabat), banyak mujtahidin yang berbeda pendapat atas pengakuan2 sumber-sumber diatas

4. (miss on this point, is there any body could complete it)?

5. Ijtihad dengan qiyas (qiyas ada hukum asal, syarat2 qiyas, sebab adanya hukum asal-> hal2 inilah timbulnya perbedaan2, sehingga hasil akhirnya berbeda)

6. Sumber-sumber yang diambil betentangan, bagaimana mereka mentarjihkan dan merajjihkan dalil-dalil yang ada, sehingga hasilnya akan berbeda.

yang kita ambil yang mana? yang paling benar, rajjih, karena jumhur ulama mengatakan tidak ada kewajiban mengikuti salah satu mazhab yang ada dalam segala situasi. jadi intinya ambil pendapat terbenar~terkuat sumber2nya!

standarnya?orang yang tidak tahu boleh bertanya kepada siapa saja(pastinya yang memiliki ilmunya dalam hal tersebut), dengan kadar yang mungkin berbeda-beda, jadi jika kita percaya dengan seorang ustadz yang amanah, menjawab pertanyaan tidak mengikuti hawa nafsunya, tentunya kita bisa bertanya padanya, dan kita pun dapat menanyakan alasannya, dali-dalil, dsb.

bahkan di zaman Rasulullah, jangan dibayangkan semuanya mengetahui fiqih, jika yang bisa mengakses langsung ke Rasululah maka dapat ditanyakan, tapi yang di Yaman?akhirnya mereka menanyakan kepada sahabat yang diutus Rasulullah ke kota tersebut. Jadi bisa kita mencarinya ke sumber-sumber yang terpercaya seperti situs-situs atau lainnya.

kaidahnya, 4WI menginginkan kemudahan, bukan kesukaran, dan juga 4WI tidak akan memberikan beban melebihi kemampuan hambanya, maka kita boleh mengambil pendapat yang lebih ringan (tentu pendapat tersebut didasari dengan alasan yang kuat). Pendapat pun bisa berubah sesuai dengan perbedaan waktu dan lingkungan (saat Imam syafii, di Irak dan Mesir), Imam Syafi’i mengeluarkan pendapat baru saat belau berpindah tempat tersebut.

Alhamdulilaahirrabbil’alamiin

sumber:kajian Online  oleh Ust. Jailani Salam di Tokyo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: