Kalau boleh kuliah lagi,ambil jurusan apa?

January 24, 2017

Awal tahun 2017,artinya semangat masih sangat besar,sangat membara dan meluap2 😄

Ujungnya apa sih dalam hidup?goalnya apa?

apalagi kalau bukan syurga.surga sodarah2.syurga bersama keluarga.

sudah tau dari kecil tp kenapa sering kelupaan ketika sedang asik di dunia?serasa hidup selamanya,itulah manusia.sering lupa.

Kalau mau dibuat diagram sederhana,begini mungkin ya:

Surga (how?)-> lewat suami/keluarga (how?)-> keluarga yg islami

Saya yakin,keluarga yg islami bukan tumbuh dari banyaknya wejangan yg disampaikan orang tua,melainkan hanya bisa tumbuh dari contoh orang tuanya.contoh yg persistent!

Orang tuanya akan bisa konsisten jika memiliki ilmu dan memang sudah menjadi kebiasaan dalam dirinya.banyak ya tugas orang tua?bener banget..!

Mungkin itulah ladang pahalanya..

Nah  bicara ttg ilmu,jadi ibu itu kok ga bs selalu pede ya?apalagi sejak hidup mandiri.semakin SERU dan terlihat bahwa ilmu yg ada baru sekedarnya.

bicara tentang ilmu,kalau saja tahu rasanya akan begini,mungkin sebaiknya kita ikut jurusan manajemen keluarga yah:D sayang,jurusan itu tidak pernah ada di bangku kuliahan manapun.

Tapai kalau boleh berandai-andai,melihat kembali ke judul diatas yaitu kalau boleh kuliah lagi,mau ambil jurusan apa?

Yuk..coba ikutan meresapi…mojok duli dimana lalu merenung…hmm..dapet ga feels nya?

Kalau saya…? akan memilih hal berikut:

  • Universitas kehidupan,
  • Jurusan yg mau diambil jurusan keluarga sakinnah mawaddah warrahmah
  • Kekhususan:tata boga,tata busana,tata rias,tata graha,art n craft & psikologi

Akeh tenan? Apa ini ujungnya akan membentuk keluarga islami?iya insyaalloh.karena ibunya sudah pede atau tepatnya merasa pede?.hehe.

Banyak,bukan berarti ga bs kan?remah2nya kan sebenarnya sudah ada didiri,butuh dipertajam saja*menghibur diri😄

How?kita mulai ya breakdown:

Psikologi:

  • Via medsos:Follow ig parenting,join grup parenting fb,baca forum/blog ibu2 hebat&ikut kulwap.
  • Via dunia nyata:ikut kelas parenting di kantor&kajian muslimah ttg keluarga.
  • Via buku:masih banyak buku2 parenting yg belum selesai dibaca😂
  • Via aplikasi:dpt ilmu satu,sharing ke suami sebagai partner utama lalu coba langsung diterapkan.dpt ilham cara bermain,cara menangani anak,program untuk anak,dll ambil 1 yg pas lalu coba dijalani dan lihat reaksinya.

Tata boga:

Ga cengeng kalau ga ada art,tetap santai dan sadar bahwa inilah cara agar terbiasa masak bervariasi,sehat&cepat utk keluarga.

  • Via medos: follow ig resep/maska cepat.capscreen lalu save di folder khusus.
  • Via expert:tanya ke mama,mama dan mama😄
  • Via aplikasi:lakukan di tiap pagi utk sarapan&bekal siang&di weekend.

Tata graha:

Ini hal baru TERSERU.bahkan mungkin terlihat norak karena sedikit2 posting di ig:Dgapapa lah ya,kan tidak merugikan siapapun,isinya pun dibuat dengan caption yang semoga informatif😄.

Selama 30tahunan,ternyata baru sadar bahwa ini hal yg paling menarik yg kalau lagi dikerjakan ternyata bisa ga inget kalau sdh malam banget,ga inget kalau narik2-mindah2 barang berat,ga inget kalau ga ada duit.hahaha:😂 itu namanya passion kan?

  • Via medsos:sering2 lihat pinterest,ig,blog&youtube dsign.
  • Via aplikasi:tiap nyetir merhatiin rumah2&gedung sepanjang senopati prapanca.cara pengaplikasian tanaman,bentuk jendela,furniture&letak,sampai plafon.

Paling seru,coba terapin di rumah.karena sdh punya lab sendiri jadi bebas bereksperimen,tinggal ijin suami aja(yg ga boleh adalah maku2😂)-terancam tidak bisa mengikuti  tren masang2 quote ya sodarah2!

Tata busana:

Ini ni,kayaknya sense nya paling cuek.tp alhamdulillah diimbangi suami dan diimbangi suasana kantor dimana banyak temen2 yg hit,yg enak dilihat cara berbusananya,jd paling ga teringatkan terus untuk memperhatikan hal ini.

ART&CRAFT:

ingin bisa jahit,ingin terbiasa pegang gunting,ingin terbiasa pegang kuas..

Art(literaly ya,bukan a re te yg satunya lho bu ibu),art ini memang beneran asing untuk saya,jadi saat ini jika didepan putra putri tercinta,saya akan berpura2 untuk terbiasa sambil terus tidak menolak melakukan (melukis,menggambar,membuat rumah2an dari kardus).

2 rasa diatas benar2 jadi hal utama yang harus ditanggulangi dan sebagai pembelajaran bagi saya sebelum benar2 harus mengambil kursus(jika perlu).

nah kalau hal2 diatas sdh bertambah tajam,pede kayaknya bakal meningkat,suasana juga pasti lebih baik karena ibunya sudah ahli mengelola pemandangan rumah&interiornya,penampilan keluarga,makanan yg sehat.

Ujungnya.. program2 menuju keluarga islami bs dijalankan karena sudah ga ada PR lagi.

Bonusnya ada ga ya?bonusnya semoga juga tercapai pola pengasuhan untuk putri tercinta yaitu mempersiapkannya menjadi istri dan ibu😍

sudah tau mau kuliah apa,sekarang kita bicara tentang adab menuntut ilmu ya.

Hal terpenting yg harus dipersiapkan adalah “mengosongkan pikiran” maksudnya agar gelas kosong nantinya akan terisi penuh (hilang rasa sok tahu). Caranya bagaimana?Karena ini terkait dengan hati ya..maka.. bersihkanlah hatinya..

kalau untuk saya,caranya yaitu dengan solat,berdoa dan membaca quran secara rutin.

Jadi setelah baca hal2 diatas,kalau ada yang mirip2 dan sudab mewujudkan, dan ada yang bisa sharing cara2 mudah aplikatif untuk mewujudkan,atau yang mau ajak masuk komunitas ibu2:D,boleh banget sharing ya..

Bismillahirrahmaanirraahiim..
Semangat!insyaalloh terwujud😄

Happy a long life study everybody! Never stop is a must😄:D