kemandirian – day 7

July 25, 2017

bismillahirrahmaanirrahiim.

ada kalanya bangun pagi kami sandingkan dengan sistem ganjil genap. seperti hari ini tgl 25 juli (tgl favorit karena gajian alhamdulillah)maka ritme ayah dan ibu akan lebih santai, karena waktu dan rute yg ditempuh akan lebih longgar (walaupun sudah kelewat jam 7 mah cuek baek). ritme santai ini berdampak ke pembawaan kami ke anak2 saat membangunkan mereka dan melaksanakan kegiatan pagi (mandi,membereskan kamar dan sarapan).alhamdulillah 

tapi seharusnya walaupun besok tgl genap, harus tetap bisa membawa ritme santai ini ya ke anak2 dengan ayah dan ibu yg bangun lebih pagi jadi persiapannya bisa lebih leluasa. kita coba besok ya. 

#tantangan2

#kemandirian

#bundasayang2


kemandirian – Day 8

July 25, 2017

bismillahirrahmaanirrahiim.

untuk proses bangun pagi hari di pagi ini lebih lancar. ibu perhatikan masa2 merengek2nya anak2 terkait bangun pagi adalah jika kaget mendengar suara dari azan subuh yang memang suaranya cukup kencang terdengar dari kamar dan bersahut2an. diluar itu jadi inget ustad Khalid Basalamah yang mengingatkan bahwa tinggal di Indonesia itu jauh lebih menyenangkan untuk umat muslim, dari sisi cuaca yg sepanjang tahun bersahabat dan nikmat lainnya adalah terdengarnya kumandang azan dimana-mana bahkan bersahut2an.

nah,kembali lagi ke proses bangun pagi hari,akhirnya ibu pagi ini mengejar kegiatan sebelum subuh&persiapan bekal (yg cuma tinggal manas2in aja kok) harus selesai sebelum subuh berkumandang. agar apa?agar anak2 tidak perlu kaget dan kalaupun kaget,ibu ada didekat mereka.nah nanti menuju pukul 05.30 akan dibangunkan secara perlahan2 dan dengan pelukan.

#tantangan2

#kemandirian

#bundasayang2


kemandirian-Day 6

July 24, 2017

bismillahirrahmaanrrahiim..

masuk hari ke 6 ya.untuk malam ini,ibu dan ayah sudah mengkondisikan untuk bisa sampai dirumah maksimal jam 8 malam dg kondisi anak2 sudah sikat gigi jadi siap tinggal bobo.

.

semua aman alhamdulillah dikerjakan sampai si kakak minta minum susu,adikpun ikut. sampai saat sudah tiba dirumah,ibu sadar kalau belum menyampul buku2 kakak adik. akhirnya kami bersama menyampul (khususnya kakak ya) sampai pk 21.00 malam. adik?dia menemani sembari main dan memasukkan buku yg sudah siap ke dalam tas…akhirnya tidur pun dieksekusi pk 21.30 malam setelah selesai  membaca buku anak.


Kemandirian-Day 5

July 24, 2017

yesterday,which means sunday, our training for waking up earlier didnt work.because as ibu has predicted before,because of late sleep on the night before and it was weekend,thus the lazy ambience was appear. include to me also.

but last night,ibu has tried to keep this training for preparing something.lets see on the 6th day.fighting!


Kemandirian-Day 4

July 22, 2017

assalamu’alaikum wrwb

.

kemandirian hari ini gagal euy.. anak2 serempak bangun jaam 7pagi lalu kami jadinya harus bergegas ini dan itu menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah sebelum ke acara sekolah adik&kakak. nah sepertinya ibu juga ga yakin utk hari esok, karena jam tidur kami berubah dikarenakan ada acara malam (halal bihalal) dilingkungan rumah.

salam semangat dan selamat hari anak nasional.

#games2

#tantanganlev2


 Kemandirian – Day 3 

July 21, 2017

di hari ketiga ini di malam sebelumnya sudah kami sounding tentang rencana besok pagi melalui visualisasi buku. Buku yang tidak sengaja ibu temukan kemarin malam mengenai daftar aktivitas di pagi hari dimulai dari; merapihkan tempat tidur, mandi lalu sarapan.

“yuk besok kita lakukan ini”:-)  sambil senyam senyum dan pastinya mereka bilang “tidak”.wkwkwk. yuk kita mulai tantangan ketiga.  hari ini alhamdulillah si adik ga bolak balik bangun,tapi “tek” bangun jam 6 lalu ketoilet dan menyelesaikan ritual pagi.yes berhasil alhamdulillah. Tapi belum dengan si kakak.masih gelisah saat bangun apalagi tetap minta tidur lalu bangun lagi dan tetap gelisah. coba yuk di malam ini,apalagi besok libur.coba di malam ini ya kak! fighting!


Kemandirian – Day 2

July 20, 2017

Ah sayang masih belum sempat untuk menambahkan foto di tantangan kemandirian hari ke dua ini. Semoga besok bisa ya…

Bismillahirrahmaanirrahiim..

Kemandirian hari ini tetap bangun pagi untuk kami2; pk 04.30 am dan anak2 pk 05.30 pagi tanpa tidur kembali. Point untuk kami orang tua alhamdulillah selalu berhasil, lalu untuk anak-anak juga selalu berhasil karena “sense” anak2 ditinggal ibu cepat sekali, jadi seringnya ibu belum sampai di anak tangga bagian bawah, suara kakak sudah memanggil.  Dulu cara awal saya menyikapi kurang bijak. Saya cenderung  kesal jika anak-anak ikut bangun sedang urusan saya belum selesai. Tapi hasilnya apa? Pagi-pagi saya malah menjadi kesal dan anak malah jadi menangis susah berhenti. Akhirnya saat ini jika saya mendengar suara anak saya memanggil maka akan saya sahuti dan mengajak dia ikut turun ke bawah. Dan saat sudah menuju anak tangga bawah maka akan saya jemput, peluk, gendong dan tidurkan di dekat tempat saya beraktivitas.

Namun pagi tadi karena si gas belun juga dibeli,maka setelah solat, sahur dan menyelesaikan subuh, saya tergoda kembali untuk menemani anak2 saya berleha-leha sesaat. Hiks.hiks.hiks.

Kegiatan harus terus diulang selama 14 hari berturut turut agar menjadi habit bukan? Semangat!

#tantangangame2

#kemandirian